Goldfish Competition

Kontes Ikan Maskoki

Ikan Maskoki memiliki nilai artistik yang tinggi. Keindahan dan keanggunan Ikan Maskoki seolah telah menyihir umat manusia selama ribuan tahun, bahkan masih sampai hari ini. Setiap varietas Ikan Maskoki memiliki keindahan dan nilai seni yang berbeda. Untuk mengapresiasi nilai seni dari makhluk mungil ini, pecinta Ikan Maskoki mengadakan sebuah kontes kecantikan Ikan Maskoki. Para Ikan Maskoki berkualitas akan dipertandingkan di kompetisi ini, agar dinilai siapa yang akan meraih penghargaan Ikan Maskoki paling berkualitas di tiap kelasnya. Kompetisi sehat ini diadakan bukan dengan tujuan untuk mengagungkan Ikan Maskoki pemenang ataupun mendiskreditkan Ikan Maskoki yang gugur. Setiap Ikan Maskoki pada dasarnya terlahir dengan membawa nilai seni. Namun pemenang dalam kontes adalah Ikan Maskoki yang dihasilkan oleh potensi dan perawatan ciamik dari pemiliknya. Kombinasi dari kedua faktor inilah yang membuat seekor Ikan Maskoki bisa memenangkan kontes.

Kontes ini penting diadakan, karena kontes ini merupakan wujud penghargaan bahwa Ikan Maskoki diakui kecantikannya. Dari kontes ini, maka secara tidak langsung masyarakat dan publik akan mendapat stigma baru yang positif mengenai Ikan Maskoki. Kehadiran Ikan Maskoki di peradaban umat manusia pun akan lebih dihargai. Selain itu, dari kontes ini pula suasana keakraban para pecinta Ikan Maskoki dapat dikembangkan. Seperti halnya Ikan Maskoki yang sangat bersahabat dengan sesamanya, para pecinta Ikan Maskoki pun sangat bersahabat. Anda bisa melihatnya sendiri di luar bahwa ikatan persaudaraan antar sesama pecinta Ikan Maskoki sangat kuat.

Tahap Seleksi

Untuk mengikut-sertakan Ikan Maskoki Anda dalam sebuah kontes, Anda harus melakukan seleksi yang ketat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tahap seleksi ini. Ikan Maskoki yang hendak dikonteskan harus Ikan Maskoki yang berkualitas. Sebab Anda tentu saja ingin Ikan Maskoki Anda yang memenangkan kontes, bukan? Ikan Maskoki yang layak untuk dikonteskan harus dalam kondisi bugar. Tubuhnya bagus dan proporsional. Kepala tumbuh sempurna dan seimbang dengan postur tubuh. Sisik rapi dan tidak ada yang terluka atau terkelupas. Warna menarik dan cerah. Ekor dan sirip mengembang sempurna dan sesuai dengan postur tubuh dan kepala. Serta jangan lupa, gaya renang harus anggun dan aktif. Ini adalah syarat-syarat dasar bagi seekor Ikan Maskoki yang layak ikut kontes. Penilaian yang lebih spesifik akan dilakukan oleh tim juri kontes. Jadi yang perlu Anda lakukan pertama kali hanyalah memilih Ikan Maskoki Anda yang memiliki kualitas paling tinggi untuk diikut-sertakan dalam kompetisi.

Ada baiknya Anda sudah mempersiapkan Ikan Maskoki calon kontestan jauh-jauh hari. Jika Anda merencanakan Ikan Maskoki Anda untuk mengikuti kontes di kemudian hari, Anda perlu merawatnya dengan baik. Untuk membuat Ikan Maskoki menjadi berkualitas, Anda perlu memberinya pakan bernutrisi tinggi. Selain pakan, Anda juga perlu memancing Ikan Maskoki untuk aktif bergerak. Jika seekor Maskoki mendapat pola hidup yang baik, diberi pakan bernutrisi, diajari melatih kebugaran (fitness), maka Ikan Maskoki akan tumbuh menjadi berkualitas. Jangan lupa bahwa potensi seekor Maskoki untuk tumbuh menjadi Maskoki berkualitas juga didapatkan dari bawaan genetika. Jadi jika Anda memiliki Ikan Maskoki yang bagus dan masih kecil, Anda bisa menerapkan metode ini padanya. Seperti halnya manusia, Ikan Maskoki juga demikian. Dengan pola hidup yang baik, Ikan Maskoki akan tumbuh menjadi Maskoki yang berkualitas.

Persiapan sebelum masuk kontes

Ikan Maskoki yang sudah diseleksi harus dirawat secara intensif, terhitung 3 hari sebelum masuk kontes. Pisahkan Maskoki calon kontestan ini terlebih dahulu. Ini dilakukan agar Anda dapat lebih fokus dalam mengontrol Ikan Maskoki tersebut. Setelah dipisahkan, Ikan Maskoki yang akan dikonteskan harus mendapat perlakuan istimewa. Berikan pakan berkualitas dan bernutrisi tinggi. Namun Anda harus mengurangi porsi pakannya. Berikan porsi pakan sedikit demi sedikit hingga akhirnya dipuasakan pada satu hari sebelum masuk kontes. Tujuannya agar kotoran dalam perut Maskoki akan terbuang, dan tidak ada timbunan kotoran baru yang tersimpan di dalam perutnya. Ketika tidak ada kotoran di dalam perut Maskoki, maka hal ini akan memudahkan kita saat membawa Maskoki dalam kantung menuju tempat kontes. Selain itu, Ikan Maskoki yang tidak berada dalam kenyang tidak akan mengalami mabok saat dibawa di dalam kantung.

Untuk membawa Ikan Maskoki ke tempat kontes, masukkan Maskoki ke dalam kantung yang sesuai; isi 1/3 kantung itu dengan air, dan isi 2/3 kantung itu dengan oksigen. Untuk menjaga kestabilan temperatur air di dalam kantung, Anda bisa memasukkan kantung ikan ke dalam kotak styrofoam. Agar lebih aman lagi, Anda bisa memberikan es batu yang dibungkus plastik di dalam kotak styrofoam ini. Es batu dan styrofoam akan membantu kita untuk menjaga kestabilan temperatur air di dalam kantung, agar Ikan Maskoki tetap bugar saat berada di dalamnya. Jika perjalanan cukup lama, tentunya Ikan Maskoki akan letih. Sesampainya di lokasi kontes, Ikan Maskoki sudah bisa diberi sedikit pakan untuk menjaga kebugarannya. Berikan cacing darah beku kepada Maskoki. Cacing darah merupakan pakan alami yang penting bagi Maskoki, agar sistem pencernaan Maskoki tidak kaget. Lebih baik Anda memberikan cacing darah beku, sebab pakan ini lebih terjamin kebersihannya.

Ketika Ikan Maskoki hendak dimasukkan ke dalam aquarium kontes, lakukan penyama-rataan temperatur air terlebih dahulu. Benamkan Ikan Maskoki dan kantungnya ke dalam air di aquarium tersebut. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah temperatur air disamakan, maka Maskoki sudah bisa dimasukkan ke dalam aquarium.

Penilaian dalam kontes

Ada 5 aspek yang dinilai dalam kontes Ikan Maskoki. Kelima aspek itu adalah tubuh, kepala, sirip, warna dan kesehatan. Seorang juri memiliki 20 poin di tangannya untuk setiap aspek, dan berhak memberikan nilai kepada aspek-aspek ini menurut pertimbangannya. Artinya, seekor Maskoki bisa mendapatkan nilai tertinggi sebanyak 100 poin. Setiap kontes Ikan Maskoki biasanya ditengahi oleh minimal 3 orang juri. Dalam kontes, Ikan Maskoki dibedakan menurut kelasnya masing-masing. Ikan Maskoki akan dibedakan kelasnya berdasarkan varietas dan ukurannya. Tim juri akan menilai Maskoki kontestan satu per satu, kemudian lembar penilaian ini akan dihitung. Ikan Maskoki yang mendapat nilai tertinggi dari tim juri akan menjadi juara. Biasanya, Tim Juri akan menentukan Juara I, Juara II dan Juara III di tiap kelas yang ditandingkan. Pemiliki Maskoki yang menjadi juara akan diberikan penghargaan dan piala / piagam. Anda tertarik untuk memenangkan kontes? Mari dukung dan berpartisipasi dalam acara apresiasi terhadap Ikan Maskoki ini.

My Great Web page