Goldfish Section Tips for Beginners

Memelihara Ikan Maskoki untuk Pemula

Banyak orang yang jatuh cinta kepada Ikan Maskoki. Hal ini terbukti sejak ribuan tahun silam; merujuk pada keberadaan Ikan Maskoki sebagai hewan peliharaan yang sudah dicintai banyak orang sejak zaman dahulu. Perawakan Ikan Maskoki yang gembul, lucu, montok, berwarna-warni, anggun dan sangat jinak ini membuatnya dicintai oleh berbagai kalangan; dari anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua. Selain itu, Ikan Maskoki terkenal sebagai ikan hias yang ramah dan bersahabat dengan ikan-ikan lainnya. Ikan Maskoki membawa karakter protagonis. Ini juga yang menjadi nilai lebih dari seekor Ikan Maskoki, sehingga tidak hanya laki-laki namun perempuan juga tertarik pada Ikan Maskoki.

Ikan Maskoki adalah ikan hias yang universal, bisa diterima di semua kebudayaan masyarakat, di semua tingkatan sosial masyarakat, serta di sepanjang zaman. Hampir semua orang pasti tahu dan pernah mendengar tentang Ikan Maskoki, atau yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan goldfish, dan dalam Bahasa Mandarin disebut dengan (dibaca: “jin yu” ). Di China, Hong Kong, Jepang, dan sekitarnya, Ikan Maskoki mendapat apresiasi yang sangat tinggi. Ikan Maskoki merupakan ikan yang melambangkan keberuntungan dan kesejahteraan. Ikan Maskoki turut ambil bagian dalam sejarah panjang kebudayaan negeri-negeri tersebut. Di Inggris, Spanyol, Iran, India, dan lain-lain, Ikan Maskoki juga dihargai sebagai ikan hias bernilai tinggi. Bahkan di Negara Italia, ada peraturan pemerintah yang melarang seseorang untuk memelihara Ikan Maskoki di tempat yang kecil; karena tidak memberinya kehidupan yang layak.

Di Amerika Serikat, Kanada, Peru, dan negara lainnya; Ikan Maskoki juga dicintai oleh banyak orang. Tentu tidak ketinggalan dengan orang-orang di negara kawasan Asia Tenggara. Di Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia; Ikan Maskoki merupakan salah satu ikan pujaan para pecinta ikan hias. Ikan Maskoki memang sudah merambah di seluruh dunia, dan lekat di hati para pecinta ikan hias. Tidak bisa dipungkiri, Ikan Maskoki berperan-serta dalam peradaban manusia yang sudah maju seperti sekarang ini.

Namun ada satu hal yang cukup disayangkan di masyarakat Indonesia. Memang banyak orang Indonesia yang sudah tahu dan pernah mendengar tentang Ikan Maskoki. Namun tidak banyak yang mengetahui seluk-beluk dan tingginya nilai seekor Ikan Maskoki. Paradigma tentang Ikan Maskoki di benak kebanyakan orang Indonesia kurang mencerminkan nilai estetika yang dimiliki ikan ini. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Ikan Maskoki memiliki kualitas tinggi yang bisa dihargai dengan harga yang mahal. Selama ini, popularitas Ikan Maskoki di Indonesia sedikit-banyak tertutupi oleh popularitas ikan hias lain yang dinilai lebih mahal. Ikan Maskoki lebih dikenal sebagai ikan hias sederhana. Paradigma yang salah ini menjadi salah satu penyebab mengapa pamor Ikan Maskoki di Indonesia masih kalah dengan jenis lainnya. Ikan Maskoki belum mendapat apresiasi tertinggi di Indonesia.

Ada banyak hal dari Ikan Maskoki yang dipahami secara keliru oleh masyarakat. Hal ini berimbas pada kurangnya pengetahuan bagi pemula yang tertarik untuk memelihara Ikan Maskoki. Maka dari itu, artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi dan tips untuk para pemula. Harapannya agar para pemula bisa mengambil langkah tepat sebelum memulai pemeliharaan Ikan Maskoki. Untuk ke depannya, semoga artikel ini bisa memberi banyak manfaat sehingga semakin banyak orang yang tahu bahwa Ikan Maskoki ikut berpartisipasi dalam kesejahteraan kehidupan manusia sejak dahulu.

1. Pastikan seluruh anggota keluarga Anda bisa menerima kehadiran Ikan Maskoki

Ikan Maskoki adalah hewan yang hidup di dalam air. Untuk memeliharanya, Anda tentu membutuhkan sebuah wadah untuk tempat pemeliharaan; serta air sebagai medium kehidupannya. Tempat pemeliharaan yang nyaman adalah salah satu syarat utama yang dibutuhkan Ikan Maskoki untuk dapat hidup dengan baik. Makanya Anda perlu menyediakan tempat tinggal yang memenuhi standar kualifikasi. Permasalahannya, apakah semua anggota keluarga Anda dapat menerima kehadiran Ikan Maskoki di rumah Anda? Jika Ikan Maskoki diterima kehadirannya, tentu Anda akan memiliki akses lebih untuk mengoptimalkan kesejahteraan hidupnya. Selain itu, semua makhluk hidup pasti menginginkan kebahagiaan dan kehidupan yang nyaman. Dengan pemikiran seperti ini, kita seharusnya mengupayakan agar Ikan Maskoki dapat hidup berbahagia. Anda perlu membekali diri Anda dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam memelihara Ikan Maskoki. Dan bila semua anggota keluarga Anda menerima kehadiran Ikan Maskoki, mereka seharusnya dapat membantu Anda. Ikan Maskoki pun akan merasa bahagia bila ia dirawat oleh keluarga yang menyanyanginya.

2. Tempat darimana sebaiknya kita mengadopsi Ikan Maskoki

Ikan Maskoki tersebar hampir di seluruh kota besar. Karena Ikan Maskoki mudah dikembang-biakkan, maka Anda bisa menemui Ikan Maskoki di berbagai toko ikan maupun peternakan ikan. Biasanya, Ikan Maskoki yang dijual di toko ikan dan agen adalah Ikan Maskoki dengan kualitas standar dan menengah. Sedangkan Ikan Maskoki yang biasa dijual di peternakan dan importir adalah Ikan Maskoki dengan kualitas bagus hingga kualitas kontes. Sebagai pemula yang baru menginjakkan kaki di dunia perkokian, ada baiknya membeli dan mengadopsi Ikan Maskoki dari toko ikan. Hal ini dipertimbangkan karena pemula masih minim pengalaman, sehingga memelihara Ikan Maskoki yang diadopsi dari toko ikan cenderung “minim resiko”. Setelah seseorang sudah memiliki keterampilan yang cukup dalam memelihara Ikan Maskoki, ada baiknya untuk mengadopsi Ikan Maskoki dengan kualitas bagus ataupun kualitas kontes.

3. Biaya dan anggaran yang diperlukan

Harga tiap varietas dan ukuran Maskoki berbeda-beda. Namun yang paling menentukan sebuah harga pada Ikan Maskoki adalah kualitasnya. Para peternak atau penyedia Ikan Maskoki yang profesional akan memberikan harga yang sebanding dengan kualitas Ikan Maskoki. Pada umumnya, Ikan Maskoki dengan kualitas standar dihargai dengan harga yang cukup murah, sehingga banyak orang yang bisa mengadopsinya. Ikan Maskoki dengan kualitas menengah dan bagus dihargai dengan harga bonafit. Sedangkan Ikan Maskoki dengan kualitas kontes dihargai dengan harga yang cukup mahal, namun masuk akal karena sebanding dengan kualitas dan keindahannya. Harga Ikan Maskoki kualitas kontes cenderung dapat dijangkau oleh banyak orang. Ini juga yang membuat Ikan Maskoki dapat merebut pangsa pasar dunia sejak ribuan tahun silam. Seekor Ikan Louhan (Flowerhorn) berkualitas tinggi dapat dijual seharga puluhan juta Rupiah. Seekor Ikan Arowana kualitas yahud bisa dihargai ratusan juta Rupiah. Sedangkan seekor Ikan Koi kualitas jempolan bisa dijual dengan harga milyaran Rupiah. Namun Anda tidak perlu merogoh kocek sebesar itu untuk mendapatkan seekor Ikan Maskoki kualitas kontes. Dengan harga yang relevan, Anda bisa mendapatkan Ikan Maskoki kualitas kontes dan memelihara mereka semua bersama-sama.

Anggaran yang diperlukan untuk perawatan Ikan Maskoki juga terbilang relatif murah. Anda hanya perlu membeli sebuah tempat pemeliharaan, bisa aquarium ataupun kolam. Anda perlu melengkapinya dengan peralatan ikan dan sistem filterasi, serta jangan lupa untuk mengeluarkan biaya untuk mendapatkan pakan Ikan Maskoki. Jika sistem filterasi telah berjalan baik, maka air akan lebih awet, tetap bersih dan tetap sehat dalam jangka waktu yang lama. Hal ini juga membuat anggaran pengeluaran air Anda lebih hemat.

4. Tentukan varietas yang hendak diadopsi

Ikan Maskoki terdiri dari ratusan varietas, namun hanya sekitar 15 varietas yang tersedia di Indonesia. Setiap varietas memiliki bentuk dan perangainya masing-masing. Pada dasarnya, semua varietas Ikan Maskoki adalah ikan yang bersahabat. Tidak hanya bersahabat dengan sesama Ikan Maskoki, namun juga bersahabat dengan ikan lainnya. Anda bisa memelihara beberapa varietas Ikan Maskoki secara bersama-sama dalam satu tempat. Tidak ada perlakuan khusus dalam pemeliharaan heterogen seperti ini. Namun dalam beberapa kasus, terkadang ditemukan bahwa Maskoki varietas Ryukin yang mematuk sisik dari Maskoki varietas Pearlscale. Ini disebabkan karena Maskoki Ryukin sedang lapar sehingga ia pun mencari makan, dan kebetulan bentuk sisik pada Maskoki jenis Pearlscale menonjol sehingga bisa dipatuk. Sisik Maskoki Pearlscale yang dipatuk ini akan terlepas, sehingga meninggalkan tubuh Maskoki Pearlscale yang terluka. Kasus ini tidak bisa dianggap sepele, karena bakteri bisa segera menginfeksi luka ini. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, ada baiknya Maskoki Ryukin dan Maskoki Pearlscale tidak dipelihara dalam satu tempat yang sama. Selain itu, Ikan Maskoki tidak bermasalah bila dipelihara dengan ikan air tawar jenis lain. Namun hindarilah memelihara ikan lain yang bisa menyerang Ikan Maskoki.

5. Tentukan apakah Ikan Maskoki Anda ingin diikut-sertakan dalam kontes atau tidak

Jika Anda hendak mengikut-sertakan Ikan Maskoki peliharaan Anda dalam kontes Maskoki, maka Anda harus memberikan perawatan khusus untuknya. Maskoki yang diikut-sertakan dalam kontes seharusnya adalah Maskoki yang berkualitas tinggi, agar dapat menang. Untuk mempunyai Ikan Maskoki berkualitas tinggi, Anda perlu memiliki Ikan Maskoki yang potensial. Setelah mempunyai Ikan Maskoki yang potensial, Anda perlu merawatnya dengan maksimal. Tempat pemeliharaan, fasilitas, pakan dan kualitas air adalah unsur-unsur penting yang harus ditentukan sejak awal; dan disediakan dengan perhatian khusus. Merawat Ikan Maskoki calon kontestan butuh perawatan ekstra dibandingkan dengan merawat Ikan Maskoki sebagai sahabat di rumah Anda.

6. Tempat pemeliharaan

Ikan Maskoki butuh berenang dengan leluasa agar bisa berkembang dan kecantikannya dapat dinikmati. Pada dasarnya, Ikan Maskoki terdiri dari beberapa varietas yang bentuk tubuhnya bermacam-macam. Ada varietas yang cantik dilihat dari samping dan ada pula yang cantik dilihat dari atas. Biasanya Maskoki yang cantik dilihat dari samping cocok untuk dipelihara di aquarium, sedangkan Maskoki yang cantik dilihat dari atas cocok untuk dipelihara di kolam. Namun tidak masalah juga untuk memelihara Maskoki yang cantik dilihat dari samping di kolam, maupun sebaliknya.

Bila Anda memiliki tempat yang luas, ada baiknya Anda memelihara Ikan Maskoki di sebuah kolam atau aquarium yang besar. Ikan Maskoki perlu mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari setidaknya 4 jam dalam sehari untuk tumbuh lebih sehat. Dalam hal ini, carilah tempat pemeliharaan yang bisa dijangkau oleh sinar matahari jika memungkinkan. Sebuah tempat pemeliharaan Ikan Maskoki yang baik juga harus memiliki sistem filterasi. Sistem filterasi dapat dibuat berdasarkan kebutuhan sesuai tempat. Intinya, buatlah sebuah sistem filter dengan mekanisme kerja dimana air kolam / air aquarium mengalir ke sebuah medium filter. Medium filter ini terdiri dari 3 ruang, yaitu filter mekanik (penyaringan air dengan kapas agar kotoran tersaring), filter kimiawi (penyaringan air dengan arang / karbon untuk menetralisir kandungan kimia berbahaya dalam air), dan filter biologi (penyaringan air dengan bioball sebagai rumah bakteri baik, untuk membunuh bakteri jahat dan parasit di dalam air). Setelah itu, air yang sudah melewati medium filter ini kemudian dialirkan kembali ke dalam kolam.

7. Transportasi Ikan Maskoki

Ikan Maskoki yang baru saja diadopsi dari toko / peternakan tentu akan diangkut ke rumah Anda. Ada baiknya proses transportasi ini dilakukan dalam waktu yang cepat, sebab daya hidup Ikan Maskoki bergantung pada ketersediaan oksigen terbatas di dalam kantung. Setelah sampai di rumah Anda, Ikan Maskoki bersama kantungnya perlu dibenamkan ke dalam air tempat pemeliharaan Anda, dengan tujuan untuk menyamakan temperatur air supaya Ikan Maskoki tidak kaget. Setelah dibenamkan di air selama 15 menit, bukalah kantung dan biarkan Ikan Maskoki keluar dari kantung secara alami. Jangan menggunakan saringan karena bisa merusak sirip dan ekornya. Setiap Ikan Maskoki baru harus dikarantinakan selama 1-2 hari sebelum dicampur dengan Ikan Maskoki lainnya.

My Great Web page