Good Questions Good Answers

Q: Apa itu Ikan Maskoki?

A: Ikan Maskoki adalah ikan crucian carp yang dibudidayakan oleh Orang Tionghoa sejak zaman dahulu. Pada awalnya, ikan crucian carp adalah ikan emas sederhana yang hidup di sungai dan danau. Namun karena intervensi tangan manusia, ikan crucian carp kini telah berevolusi menjadi Ikan Maskoki modern. Ikan Maskoki dikenal dengan nama ilmiah Carassius auratus auratus.

Q: Berapa lama Ikan Maskoki dapat hidup?

A: Ikan Maskoki pada umumnya dapat hidup selama 7-9 tahun. Namun pada beberapa kasus ditemukan ada Ikan Maskoki yang hidup sampai usia 20 tahun. Ikan Maskoki dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama bila mendapat perawatan yang baik.

Q: Apakah Ikan Maskoki semuanya adalah sama?

A: Ikan Maskoki terdiri dari ratusan varietas. Semuanya memiliki ciri fisik dan sifatnya sendiri-sendiri. Namun semua varietas ini masih dalam spesies yang sama.

Q: Mengapa Ikan Maskoki tetap disebut “ikan emas” meskipun warnanya bukan emas?

A: Ikan Maskoki sebenarnya berasal dari ikan emas (crucian carp). Ikan emas dinamakan demikian karena warna tubuhnya yang kemerahan dan berkilau ketika terkena sinar matahari. Karena itulah Ikan Maskoki yang berwarna macam-macam sekarang juga masih diidentikan dengan ikan emas.

Q: Mengapa Ikan Maskoki bisa berubah warna?

A: Ikan Maskoki memiliki 3 pigmen warna, yaitu melanophores (pigmen hitam), xanthophores (pigmen kuning), erythrophores (pigmen merah). Pigmen pada Maskoki dapat berubah karena dikondisikan oleh pakan, nutrisi, lingkungan, dan pencahayaan. Perubahan warna ini dinamakan mutasi warna.

Q: Sebenarnya jambul apakah yang tumbuh di kepala Maskoki itu?

A: Jambul yang terdapat pada Ikan Maskoki adalah properti yang melindungi kepala Maskoki. Ada pendapat yang menyatakan bahwa jambul pada Maskoki merupakan alat pelindung kepala yang terbentuk ketika Maskoki beradaptasi dengan lingkungannya. Namun seiring dengan perkawinan silang antar varietas Maskoki, alat pelindung kepala ini berubah menjadi semakin bervariasi dan malah menjadi sebuah komponen pemercantik Maskoki; sedangkan fungsi alamiahnya justru sudah ditinggalkan.

Q: Apakah Ikan Maskoki terdiri dari jantan dan betina?

A: Benar, Ikan Maskoki terdiri dari dua jenis kelamin; jantan dan betina.

Q: Apakah Ikan Maskoki jantan dan betina yang dipelihara dalam satu tempat bisa kawin?

A: Pada umumnya, perkawinan yang dilakukan Ikan Maskoki dapat terjadi bila beberapa faktornya terpenuhi. Faktor tersebut adalah kematangan gonad jantan dan betina, lingkungan air yang tenang, tidak ada gangguan di lingkungan, populasi ikan yang tidak terlalu banyak, adanya tumbuhan air, pada saat fajar, pada musim kawin, dan birahi muncul pada induk jantan dan induk betina. Faktor-faktor ini biasanya sangat sulit terjadi di tempat pemeliharaan kita. Oleh karena itu para peternak biasa mengawinkan Ikan Maskoki dengan sebuah skenario yang tersusun rapi untuk memunculkan faktor-faktor tersebut. Namun karena hidup ini tidak pasti, maka artinya hidup ini berisi kemungkinan-kemungkinan. Dengan demikian dapat dijawab bahwa Ikan Maskoki bisa saja kawin di tempat pemeliharaan kita apabila faktor-faktor yang mendukungnya timbul.

Q: Bolehkah memelihara Ikan Maskoki dalam sebuah aquarium bundar yang kecil?

A: Memelihara Ikan Maskoki dalam aquarium bundar yang kecil tidak sesuai dengan asas menghargai kehidupan, khususnya kehidupan Maskoki. Sebab dengan tempat yang sempit seperti itu, Ikan Maskoki tidak bisa hidup dengan leluasa. Di Italia bahkan ada larangan untuk memelihara Ikan Maskoki di dalam tempat seperti ini.

Q: Air apa yang baik untuk tempat tinggal Ikan Maskoki?

A: Ikan Maskoki sebaiknya diberi air tua, yaitu air bersih yang sudah diendapkan minimal 1x24 jam dan diaerasi. Air tanah juga direkomendasikan. Yang perlu dihindari adalah air hujan, air yang ditampung oleh wadah berupa logam, air yang tidak steril, air bekas atau air dari tempat ikan lain, dan air bening yang mengandung kaporit, klorin atau zat kimia lainnya.

Q: Berapa lama air aquarium / kolam harus diganti?

A: Jika sistem filterasi sudah bekerja dengan optimal, maka air akan tetap bersih dalam waktu yang lama. Air akan tampak kehijau-hijauan, itu tanda bahwa sistem filterasi bekerja dengan baik sehingga menciptakan satu keseimbangan ekosistem di tempat pemeliharaan Ikan Maskoki. Air perlu diganti paling tidak sekali dalam sebulan. Selain itu air perlu dibuang sedikit setiap hari, dan kemudian diisi dengan air yang baru.

Q: Berapa kali pemberian pakan yang baik untuk Ikan Maskoki dalam sehari?

A: Ikan Maskoki yang masih burayak perlu diberi makan 7 kali dalam sehari. Ikan Maskoki yang masih kecil dan dalam masa pertumbuhan perlu diberi makan 4-5 kali dalam sehari. Sedangkan Ikan Maskoki yang sudah dewasa cukup diberi makan 3 kali dalam sehari.

Q: Ikan apa saja yang bisa dipelihara bersama dengan Ikan Maskoki dalam satu tempat?

A: Ikan Maskoki adalah ikan yang sangat bersahabat. Ikan lain yang tidak agresif bisa dipelihara bersama dengan Maskoki. Hindari ikan agresif dan ikan predator dari Maskoki.

Q: Apakah benar Ikan Maskoki bisa membawa keberuntungan?

A: Orang Tionghoa percaya bahwa Ikan Maskoki bisa membawa keberuntungan. Kepercayaan ini didasari dari pandangan tentang Fengshui. Fengshui adalah ilmu metafisika Tiongkok klasik, yang menjelaskan bahwa alam sekitar dan makhluk hidup ini bisa saling menyelaraskan diri sehingga dapat mendatangkan kesejahteraan. Fengshui dipandang sebagai takhayul di dunia modern. Namun ada benang merah yang menghubungkan Fengshui dengan ilmu pengetahuan dan rasionalitas. Misalnya, Fengshui menjelaskan bahwa posisi benda-benda di tempat kita bisa mempengaruhi nasib kita. Dalam pandangan logis, hal ini tentunya kurang masuk akal. Namun jika kita melihat contoh bulan purnama yang bisa mempengaruhi tingkat emosional orang, kita mungkin mulai merenung. Bulan purnama terjadi karena posisi Bumi yang hampir segaris berada di antara Matahari dan Bulan. Sudah diakui dari dunia medis bahwa fenomena bulan purnama bisa mempengaruhi sisi psikis dan hormon seseorang. Oleh karena itu, kita terkadang merasa lebih mudah emosi di hari dimana bulan purnama akan maupun sedang berlangsung. Beberapa pasangan suami-istri juga menyebutkan bahwa perasaan cinta mereka bisa lebih kuat ketika menjelang hari bulan purnama. Bahkan sindrom hypertrichosis juga dipengaruhi oleh posisi bulan. Dari contoh kasus ini, sepertinya memang ada benang merah antara pandangan Fengshui dengan posisi benda-benda dan makhluk hidup. Dalam pandangan Fengshui, Ikan Maskoki dan air yang ditempatkan di lokasi tertentu di rumah Anda bisa memberikan efek positif; yang dinamakan sebagai datangnya keberuntungan.

Q: Sebesar apa Ikan Maskoki dapat tumbuh?

A: Ikan Maskoki pada umumnya hanya akan tumbuh sampai ukuran 15-19 cm. Beberapa Ikan Maskoki yang potensial (tategoi) bisa tumbuh hingga mencapai ukuran jumbo (20 cm lebih). Namun ada beberapa Ikan Maskoki yang dapat tumbuh menjadi ukuran raksasa. Ikan Maskoki terbesar yang pernah mendapat rekor dari Guiness Book of Records pada tahun 2002 adalah Bruce. Bruce adalah seekor Maskoki Oranda merah yang diternakkan di Hong Kong. Bruce memiliki panjang tubuh 14.6” (37,2 cm). Namun kabarnya, ada Ikan Maskoki yang lebih besar daripada Bruce. Goldie, seekor Ikan Maskoki Comet yang dipelihara oleh Ada Shaw di Folkstone, Inggris, dinyatakan memiliki panjang tubuh 40cm pada tahun 2008. Sementara itu, Takeshima Aquarium membuka Pameran Maskoki Gamagori yang turut dimeriahkan oleh seekor Ikan Maskoki merah raksasa berukuran 42 cm pada periode Maret 2010.

Q: Apakah baik jika kolam Ikan Maskoki terkena air hujan yang turun?

A: Ikan Maskoki sebenarnya memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat selama tidak mengalami stress. Hujan sebenarnya tidak terlalu bermasalah bagi Ikan Maskoki. Namun kadang kala air hujan yang jatuh ke kolam bercampur dengan air yang mengalir dari genting yang kotor. Air ini tidak baik jika turun ke kolam Ikan Maskoki. Selain itu, air hujan mengandung sifat asam yang dalam jumlah besar bisa menaikkan tingkat pH kolam. Oleh karena itu, jawaban untuk pertanyaan ini adalah relatif bergantung pada kondisi kasus yang terjadi di lapangan.

Q: Berapa banyak Ikan Maskoki yang boleh dipelihara dalam satu tempat?

A: Untuk aquarium ukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm, maksimal bisa diisi 11 ekor Maskoki berukuran 12-13 cm. Sedangkan untuk Maskoki berukuran jumbo (lebih dari 20 cm), aquarium berukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm ini maksimal boleh menampung 6 ekor Ikan Maskoki. Seekor Ikan Maskoki berukuran sedang (10-13 cm) membutuhkan volume air sekitar 23-25 liter. Sedangkan seekor Ikan Maskoki berukuran besar (15 cm sampai lebih dari 20 cm) setidaknya membutuhkan volume air sekitar 35-40 liter.

Q: Apakah fisik Ikan Maskoki sekarang sudah berkembang dari fisik Maskoki beberapa puluh tahun lalu?

A: Ikan Maskoki sekarang bisa disebut sebagai Ikan Maskoki modern. Bentuk Ikan Maskoki sekarang jauh lebih sempurna daripada Ikan Maskoki beberapa dekade yang lalu. Ini disebabkan oleh makin sempurnanya perawatan dan pengembangan Maskoki di zaman ini, terutama oleh para ahli dan orang yang berpengalaman. Selain itu, pakan dan lingkungan hidup juga menjadi beberapa faktor dalam perkembangan Ikan Maskoki. Faktor genetik juga punya peranan yang sangat penting dalam perkembangan ini.

Q: Apakah Ikan Maskoki mudah mati bila sudah terkena penyakit?

A: Ikan Maskoki bukanlah ikan yang mudah mati seperti yang digosipkan banyak orang. Bila kita merawat dengan benar, Ikan Maskoki bisa berumur panjang dan awet. Ikan Maskoki yang terkena penyakit masih bisa disembuhkan. Asalkan penyakit ini langsung diobati sebelum menjadi makin ganas.

Q: Berapa banyak anak Maskoki yang akan menetas dari setiap pemijahan?

A: Jumlah burayak yang akan menetas tidak bisa dipastikan, karena bergantung pada beberapa faktor; misalnya kesuburan, lingkungan, dan keakuratan induk jantan mempertemukan sperma dengan sel telur. Biasanya dari pemijahan antara 1 ekor induk betina dan 2 ekor induk jantan, akan didapatkan 800-1.000 burayak yang menetas. Jika dalam masa subur, jumlah burayak yang dapat menetas bisa mencapai angka 2.000 burayak.

Q: Bagaimana cara yang benar untuk mengangkat Ikan Maskoki dengan menggunakan tangan?

A: Ikan Maskoki memiliki sirip dan ekor yang lunak. Kita harus mengangkat Ikan Maskoki dengan menopang perutnya, dan tidak ada jari atau posisi tangan kita yang menekuk sirip maupun ekor Ikan Maskoki. Bila sirip atau ekor Ikan Maskoki tertekuk, maka sirip dan ekornya akan patah dan rusak. Ketika sudah rusak, sirip dan ekornya tidak bisa mengembang dengan sempurna sehingga kecantikannya berkurang jauh. Oleh karena itu, mengangkat Ikan Maskoki dengan tangan sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah terampil.

Q: Apa yang menjadi dasar penentuan harga dari seekor Ikan Maskoki?

A: Kualitas Ikan Maskoki adalah aspek terutama yang menjadi dasar seekor Ikan Maskoki untuk dihargai. Kualitas Ikan Maskoki ini ditentukan dari keindahan bentuk tubuh, kerapian sisik, sirip dan ekor yang tumbuh sempurna, warna yang cemerlang, gaya renangnya yang anggun, serta kebugaran dan kesehatannya. Ikan Maskoki yang memiliki kualitas tinggi di setiap elemen-elemen ini akan dihargai dengan mahal. Sedangkan elemen sekunder yang turut menentukan harga seekor Ikan Maskoki adalah ukuran tubuhnya, usia, jenis kelamin, dan “elemen x” lainnya.

My Great Web page